Pages

Senin, 19 September 2011

Teknologi jadi racun untuk Si Cabe Rawit !

      Pada era sekarang , kemajuan teknologi yang pesat banyak memberikan dampak positif dan negatif kepada masyarakat sekitar , entah apa yang menjadi pemikiran pada manusia jaman sekarang , mereka berpikiran dan beranggapan bahwa teknologi hanya untuk menaikan gengsi saja . Sekarang ini , tidak ada manusia yang tidak mengenal teknologi , mulai dari yang tua yang remaja sampai anak - anak .

      Kali ini saya ingin menyentuh masalah persoalan perkembangan teknologi untuk anak - anak . Tidak dipungkiri juga sekarang ini sebagian anak - anak kecil membutuhkan teknologi untuk alat pemenuh kebutuhan sehari - harinya . Biasa mereka membutuhkan atau memakai handphone , komputer , laptop , atau alat teknologi lain yang mereka pakai sehari - hari . Tapi sangat di sayangkan sekali penggunaan alat teknologi bagi mereka akhir - akhir inisering disalahgunakan .


      Memang , penggunaan dan perkembangan teknologi sangat sulit sekali terkontrol oleh kita manusia , kita yang dewasa saja susah , apalagi anak - anak . Contoh kecilnya saja begini , saya di rumah jika sedang santai sering sekali bermain komputer untuk online atau untuk browsing , di saat itu juga saya sering lupa waktu , lupa makan , lupa membuat tugas dan lupa untuk melakukan kewajiban - kewajiban di rumah , nah karena itu , adek saya yang kecil meniru perilaku saya , dia sering sekali bermain game lewat komputer sampai lupa waktu akibatnya prestasinya menurun . Itu hal kecil saja yang saya alami sendiri . Selain itu , faktanya anak - anak kecil yang memakai alat teknologi lebih sering memanfaatkan alat teknologi samapaki kecanduan .

     Contoh lainnya pada penggunaan HP , anak SD pun skarang sudah banyak yang mempunyai telepon genggam . Kadang ada yang memposisikan alat itu sebagai alat komunikasi untuk berkomunikasi kepada orang tuanya , tetapi banyak juga yang memakai HP hanya untuk menyombonghakn diri mereka , hal ini sering di takutkan oleh banyak orang tua , salah - salah alat teknologi itu dijadikan untuk hal yang tidak semestinya . Selain itu penggunaan Internet semakin luas di kalangan masyarakat. Membuat banyak keluarga telah menggunakan jasa langganan Internet, sehingga di dalam rumah, anggota keluarga dapat mengakses Internet dengan mudah.. Internet dapat memberikan manfaat positif, tetapi juga dapat berdampak negatif. Seorang anak yang menggunakan Internet sering kali menjadi sasaran empuk dari orang-orang yang berniat jahat maupun pornografi. Apa yang dapat dilakukan orang-tua untuk melindungi anak mereka?

        Satu lagi kotak ajaib yang membuat anak - anak terlena dengan komputer . Ternyata kalu kita amati , banyak dari mereka yang menggunakan alat tersebut hanya untuk bermain game daripada belajar atau mengetik untuk tugas mereka . Yang saat ini sedang di gandrungi oleh anak - anak adalah game online . Bermain game online dengan cara mengakses internet perkembangannya sangat luar biasa .

      Sebetulnya gambaran di atas adalah perkembangan teknologi dari sudut pandang negatip. Tidak dipungkiri sisi positipnya juga lebih banyak. Tidak semua anak atau pun remaja terseret ke arah yang tidak kita harapkan. Banyak kok anak-anak yang berprestasi dengan adanya sarana canggih tersebut yang perlu kita waspadai adalah bagaimana kita menyikapi hal tersebut. Dan bagaimana solusi yang sehat dan wajar. Peran orang tua sangatlah penting, disamping guru dan pemerintah tentunya semua elemen harus bekerja sama dalam hal ini, karena anak-anak adalah calon generasi penerus bangsa, untuk itulah perlu adanya komunikasi yang kontinyu antara orang tua dan anak.


     Ada solusi yang tepat menghadapi ketimpangan-ketimpangan yang ada saat ini. Semoga pemerintah juga turut memikirkan hal-hal yang sangat kontroversi ini. Misalnya harus ada pengaturan mengenai acara TV, materi ataupun jam tayang. Harus ada penyajian yang bersifat mendidik. Karena kalau tidak, bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi dengan anak-anak kita. Memberi nasehat, menegur, rasanya belumlah cukup.

                                                                     
http://buletintaklim.blogspot.com/2008/08/dampak-teknologi-bagi-anak-dan-remaja.html

0 komentar:

Posting Komentar